• Portfolio
  • Blog
  • Pendelegasian Tugas & Tanggung Jawab

                       
                                                  Pendelegasian Tugas & Tanggung Jawab

                                  

    1.     Pengertian Pendelegasian Wewenang dan Tangung jawab
    Seorang manajer atau seorang pimpinan perusahaan sebagai mansuia mempunyai waktu, kemampuan dan perhatian yang sangat terbatas maka tidaklah mungkin seorang pimpinan itu dapat melaskanakan tugasnya sendiri, sungguhpun pimpinan itu harus bertanggung jawab akan  pelaksanaan tugasnya dengan sebaik mungkin. Dengan demikian, menurut (James, A.F.Stoner, 1996) jika seorang manajer mendelegasikan tugasnya kepada bawahan maka ia harus mendelegasikan kekuasaannya yang artinya jika  seorang diserahi tugas untuk melaskanakan suatu  tugas tertentu, ia mbertanggungjawab dalam melaksanakan tugas tersebut. (Dariyadi, 2014)


    2.     Uraian Tugas :

    v  Tentukan dulu sasaran
    v  Tentukan tanggung jawab dan otoritas
    v  Berikan motivasi pada bawahan
    v  Haruskah  bawahan merampungkan pekerjaan.
    v  Beritakan latihan
    v  Lakukan pengedalian (Agus, 2015)



    3.     Uraian tanggung jawab
    v  Tugas, adalah suatu kewajiban dalam pekerjaan yang telah ditentukan dalam organisasi, untuk melaksanakan pekerjaan yang telah ditetapkan dalam bidang masing-masing jabatan.
    v  Kekuasan, adalah suatu pekerjaan yang telah diberikan wewenang (tugas), penyerahan dari tugas-tugas yang dipecaya, seorang  memperoleh kekuasaan secara formal. Misalnya karena adanya surat keputusan dari pimpinan perusahaan  yang berwenang.
    v  Tanggung jawab adalah sutau pekerjaan yang dilakukan organisasi suatu perusahan yang diperoleh dari atasan terhadap tanggung jawab pekerjaan ataupun kepercayaan yang diberikan. (Wikipedia, 2016)


    4.     Definisi TANGGUNG JAWAB

    v  Ialah keharusan untuk melakukan semua kewajiban/tugas-tugas yang dibebankan kepadanya sebagai akibat dari wewenang yang diterima atau dimilikinya.
    v  Tanggung jawab tidak dapat dilimpahkan kepada orang lain. Wewenang diterima maka tanggung jawab harus juga diterima dengan sebaik-baiknya. Inilah sebabnya top manager yang menjadi penangung jawab terakhir mengenai maju/mundurnya suatu perusahaan. (Staf, 2011)

    5.     Arti Pentingnya Pendelegasian Wewenang

    v  Pendelegasian wewenang merupakan dinamika organisasi, karena dengan pendelegasian wewenang ini para bawahan mempunyai wewenang, sehingga mereka dapat mengerjakan sebagian pekerjaan delegator (pimpinan).
    v   Pendelegasian wewenang merupakan proses yang bertahap dan yang menciptakan pembagian kerja, hubungan kerja, dan adanya kerja sama dalam suatu organisasi/perusahaan.
    v  Pendelegasian wewenang dapat memperluas ruang gerak dan dan waktu seorang manajer.
    v  Pendelegasian wewenang, manajer tetap bertanggung jawab terhadap tercapainya tujuan perusahaan.
    v   Pendelegasian wewenang menjadi ikatan formal dalam suatu organisasi. (zonakoe, 2011)

    0 komentar:

    Diberdayakan oleh Blogger.